oleh

Peduli Keluhan Warga Nias di Riau, Wabup Nisel Respon Persoalan Identitas Masyarakat Nias di Riau

-Riau-333 Dilihat

PEKANBARU, simakkepri.com – Wakil Bupati Nias Selatan (Wabup Nisel), Firman Giawa, respon kesulitan masyarakat asal Nias yang ada di Provinsi Riau terkait perolehan KTP (Kartu Tanda Penduduk) domisili di wilayah Provinsi Riau.

Menanggapi hal itu, Firman Giawa menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan akan segera mencari solusinya. Oleh karenanya, Wabup Nisel itu akan segera wacanakan perekaman E-KTP di Riau.

Demikian hal itu diketahui ketika Wakil Bupati Nias Selatan ngopi bersama sejumlah tokoh Ono Niha Riau di Istana Cafe, Jl.Riau, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin malam (16/05/2022).

Dalam ngopi bersama tersebut salah satu tokoh Ono Niha Riau, yakni Soniwati Wau, ungkap kesulitan masyarakat Nias yang ada di Provinsi Riau dalam mendapat KTP, kepada Wakil Bupati Nisel.

Menanggapi berbagai persoalan yang disampaikan para tokoh Ono Niha Riau, Firman Giawa berjanji akan menyampaikan keluhan itu kepada Kepala Disdukcapil Nias Selatan.

“Ya, setelah pertemuan ini nantinya, saya akan perintahkan Kadisdukcapil Nias Selatan untuk menghitung Badjeting pembiayaan untuk perekaman E-KTP di Riau. jika pembiayaan perekaman E-KTP di Riau termasuk SPPD pegawai Nias Selatan, akan dilakukan perekaman secepatnya di Riau,” katanya ketika itu.

Diketahui juga bahwa kedatangan Firman Giawa adalah untuk menghadiri acara peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Serba Guna (GSG) organisasi Orahua Nias Nusantara (ONur), di wilayah Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Selasa (17/05/2022).

Wacana perekaman E-KTP untuk masyarakat asal Nias yang ada di Riau tersebut oleh Wabup Nisel merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan atas keluhan masyarakat asal Nias di Riau yang di sampaikan oleh para tokoh Ono Niha saat bertemu dengannya.

Adapun para tokoh Ono Niha Riau yang turut ngopi bersama Firman Giawa, diantaranya Soniwati Wau, Sekhiatulo Laia, Samazasa Ndruru, Yeremias Duha, To’olo Bago dan Yulianus Halawa.

Sementara itu, tokoh masyarakat Asal Nias Kabupaten Pelalawan Riau, Sekhiatulo Laia dan Samazasa Ndruru, pada kesempatan itu mengajak Wakil Bupati Nias Selatan untuk mengunjungi masyarakat Asal Nias yang ada di Kabupaten Pelalawan.(Ars)

Editor : Andi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.