Redaksi

SUSUNAN REDAKSI SIMAKKEPRI.COM

Pelindung :
Tuhan Yang Maha Esa

Penasehat :

Joel Sinaga

Pendiri :

Sahat Marulitua Sibagariang

Direktur Utama:

Sahat Marulitua Sibagariang

Pimpinan Redaksi / Penanggung Jawab Umum :

Sahat Marulitua Sibagariang 

Wakil Pimpinan Redaksi:
Baga S
 Sekretaris Redaksi/Perusahaan:
Reva Hutapea
Keuangan:
Emma Siregar
Manager Pengembangan Usaha:
Ali Marusaha Sibagariang

Redaktur Pelaksana:
Utomo

Redaktur:
Arifin Marbun, Andi

Staff Redaksi:
Martogi Erizona Manalu

Wartawan Batam:

Jisman Sitinjak,Mangitar Hutabarat,Mangedar Hutabarat,Lukman,Akiong

 
Biro Tanjungpinang:
Mayer
Biro Lingga:
Renflye, Suarman
Biro Bintan:
Ari
 Biro Karimun:
Biro Anambas:
Biro Natuna: 

Kuasa Hukum / Legal : PosPos 7 Brother Assosiates Batam

Penerbit :

PT.  CEV JAYA ABADI
KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA DAFTAR PERSEROAN NOMOR AHU 2441323,AH.01.01.Tahun 2015
SIUP NO: 01308/BPMPTSP-BTM/PK/VII/2015  TDP: 33.10.1.58.15948

Nomor Induk Berusaha (NIB) PT. CEV JAYA ABADI:

9120000531457

Rekening Giro Bank RiauKepri Nomor: 106-08-09194  a/n  PT. CEV JAYA ABADI

Alamat : Kawasan Terpadu Perum Graha Nusa Batam  H1 / 38 Kel. Sungai Langkai Kec. Sagulung , Batam – Kepulauan Riau

Tlp/Wa : 081364625104 – 082170458884

Email: simakkepri@yahoo.com

 

SOP

SOP Perlindungan Profesi Wartawan

KEMERDEKAAN menyatakan pikiran dan pendapat merupakan hak asasi manusia yang tidak dapat dihilangkan dan harus dihormati. Rakyat Indonesia telah memilih dan berketetapan hati melindungi kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat itu dalam Undang-Undang Dasar 1945. Kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat dan bagian penting dari kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat.

Wartawan adalah pilar utama kemerdekaan pers. Oleh karena itu dalam menjalankan tugas profesinya wartawan mutlak mendapat perlindungan hukum dari negara, masyarakat, dan perusahaan pers. Untuk itu Standar Perlindungan Profesi Wartawan ini dibuat:

Perlindungan yang diatur dalam standar ini adalah perlindungan hukm melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan memperoleh perlindungan hukum dari negara, masyarakat, dan perusahaan pers. Tugas jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi melalui media massa;

  1. Dalam menjalankan tugas jurnalistik, wartawan dilindungi dari tindak kekerasan, pengambilan, penyitaan dan atau perampasan alat-alat kerja, serta tidak boleh dihambat atau diintimidasi oleh pihak manapun, Karya jurnalistik wartawan dilindungi dari segala bentuk penyensoran;
  2. Wartawan yang ditugaskan khusus di wilayah berbahaya dan atau konflik wajib dilengkapi surat penugasan, peralatan keselamatan yang memenuhi syarat, asuransi, serta pengetahuan, keterampilan dari perusahaan pers yang berkaitan dengan kepentingan penugasannya;
  3. Dalam penugasan jurnalistik di wilayah konflik bersenjata, wartawan yang telah menunjukkan identitas sebagai wartawan dan tidak menggunakan identitas pihak yang bertikai, wajib diperlakukan sebagai pihak yang netral dan diberikan perlindungan hukum sehingga dilarang diintimidasi, disandera, disiksa, dianiaya, apalagi dibunuh;
  4. Dalam perkara yang menyangkut karya jurnalistik, perusahaan pers diwakili oleh penanggungjawabnya;
  5. Dalam kesaksian perkara yang menyangkut karya jurnalistik, penanggungjawabnya hanya dapat ditanya mengenai berita yang telah dipublikasikan. Wartawan dapat menggunakan hak tolak untuk melindungi sumber informasi;
  6. Pemilik atau manajemen perusahaan pers dilarang memaksa wartawan untuk membuat berita yang melanggar Kode Etik Jurnalistik dan atau hukum yang berlaku.

Jakarta, 25 April 2008

Standar ini disetujui dan ditandatangani oleh sejumlah organisasi pers, pimpinan perusahaan pers, tokoh pers, lembaga terkait, serta Dewan Pers di Jakarta, 25 April 2008. Sebelum disahkan, draft Standar Perlindungan Profesi Wartawan telah dibahas melalui serangkaian diskusi yang digelar Dewan Pers.

Pembuatan Standar ini merupakan pelaksanaan fungsi Dewan Pers menurut Pasal 15 ayat (f) UU No.40/1999 tentang Pers yaitu “memfasilitasi organisasi-organisasi pers dalam menyusun peraturan-peraturan di bidang pers dan meningkatkan kualitas profesi wartawan”

Diterbitkan Oleh:
PT. CEV JAYA ABADI

NOMOR AHU 2441323,AH.01.01.Tahun 2015

Nomor Induk Berusaha (NIB) : 9120000531457

Alamat Redaksi:

Kawasan Terpadu Perum Graha Nusa Batam A11 / 38 Kel. Sungai Langkai Kec. Sagulung , Batam – Kepulauan Riau

Email : Email: simakkepri@yahoo.com

 

Visi Misi Media Online simakkepri.com

 

SIMAKKEPRI.COM  adalah portal yang menyajikan kabar terbaru mengenai informasi bisnis dan update berita. Kami merupakan bagian dari kebutuhan informasi dan gaya hidup masyarakat Kepulauan Riau dan sekitarnya.

VISI

Menjadi perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

MISI

Mengembangkan pendidikan informasi yang mencerdaskan tanpa menyesatkan masyarakat sehingga terbentuk kepribadian bangsa yang lebih baik dengan tetap mengedepankan kaidah-kaidah jurnalisme positif sesuai dengan tata aturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.