oleh

Tim Pendataan Verifikasi Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Ke Media Simakkepri.com

-Batam, Nasional-567 Dilihat

BATAM, simakkepri.com – Dalam rangka merawat kemerdekaan pers serta meningkatkan kehidupan pers nasional, Dewan Pers melaksanakan beberapa fungsi salah satunya mendata dan melakukan verifikasi perusahaan pers untuk menentukan data yang disampaikan perusahaan pers ke Dewan Pers itu sudah benar dan sesuai.

Dewan Pers membagi verifikasi menjadi 2 (dua) yakni administrasi dan faktual. Verifikasi administrasi meliputi pencatatan dan pemeriksaan dokumen, sedangkan verifikasi Faktual dilakukan untuk membuktikan kelengkapan dokumen, serta kebenaran data yang disampaikan perusahaan pers ke Dewan Pers.

Verifikasi faktual ini biasanya dihadiri oleh Tim Pendataan dan Verifikasi dari Dewan Pers dengan datang secara langsung mengunjungi perusahaan pers salah satunya kepada salah satu media online di Batam, simakkepri.com yang beralamat di Komplek Ruko Graha Sabina Blok C Nomor 7 Kelurahan Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (14/09/2022).

Tim verifikasi dari bidang pendataan yang hadir sebanyak 2 (dua) orang yakni Winarto dan Syafitri Indah Kurnia dengan melakukan berbagai proses pendataan mulai dari memeriksa kelengkapan administrasi, hingga jumlah wartawan dan publikasi berita yang mengacu kepada kode etik pers yang diatur dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Selama proses verifikasi berlangsung, tim verifikasi menyampaikan beberapa masukan kepada Pimpinan Redaksi Simakkepri.com, Yulianius Halawa untuk segera dilakukan perbaikan atas kekurangan yang masih ditemukan.

Menanggapi hal tersebut, Yulianus mengatakan bahwa dirinya akan melakukan perbaikan dan pembenahan atas segala kekurangan yang ada demi memenuhi persyaratan lolos verifikasi faktual dewan pers.

“Kita mengapresiasi apa yang disampaikan oleh tim verifikasi dari dewan pers. Apapun segala kekurangan kita yang ditemukan, secepatnya akan kita benahi,” ucap Halawa usai medianya di verifikasi.

Usai melakukan serangkaian proses verifikasi, Yulianus berencana akan mengadakan rapat redaksi dengan mengundang semua Kru dan wartawan Simakkepri.com untuk menindaklanjuti kekurangan yang ditemukan oleh dewan pers. Ia berharap, diskusi tersebut dapat menemukan solusi terbaik.(Solo)

Editor : Ramhot

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.