oleh

Peringatan World Cleanup Day 2022, Jefridin Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Bersih dan Sehat

-Batam-111 Dilihat

BATAM, simakkepri.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, mengatakan hari aksi bersih-bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD) merupakan sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga serta menciptakan kebersihan lingkungan.

Hal itu disampaikan Sekda mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat menghadiri acara puncak peringatan World Cleanup Day (WCD) 2022 di Kebun Raya Batam Kecamatan Nongsa, Minggu (25/9/2022). Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun, juga ikut diperingati oleh 191 negara di dunia.

Jefridin menyampaikan WCD Tahun 2022 Tingkat Kota Batam dilaksanakan dari tanggal 10 sampai dengan 25 September 2022 merupakan aksi pilah sampah secara serentak seluruh kecamatan di Kota Batam untuk membersihkan dan menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing.

Kemudian Sampah yang sudah terpilah dan bernilai ekonomis akan dikumpulkan di bank sampah masing-masing di setiap kecamatan, ditimbang dan selanjutnya diangkut oleh bank sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam.

“Dengan peringatan ini membuka mata kita bahwa menjaga alam dengan segala cara adalah kewajiban bersama sehingga generasi di masa depan dapat hidup dilingkungan yang lebih bersih, aman, hijau dan lestari,” ujarnya.

Jefridin mengatakan World Cleanup Day dapat menjadi momentum sinergi pemerintah Kota Batam, komunitas peduli lingkungan dan warga masyarakat untuk membawa perubahan dan dampak dalam kepedulian serta terhadap lingkungan.

Ia berharap melalui kegiatan WCD mampu membangkitkan optimisme masyarakat agar terwujudnya Kota Batam yang sehat dan bersih dengan sampah yang terkelola dengan baik, jadilah masyarakat yang sadar akan lingkungan, budayakan hidup bersih.

“Jadikan sampahmu adalah kepedulianmu, terhadap lingkuanganmu. Jangan biarkan sampah menumpuk dan menjadi sumber masalah, jadikan Batam bersih yang bebas dari sampah,” ungkap Jefridin.

Pada tahun 2022, kegiatan World Cleanup Day Indonesia (WCDI) mengusung tema “Kami 13 juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”. Tema ini diangkat sebagai wujud semangat persatuan menuju Indonesia Bersih melalui leaders, partners dan seluruh masyarakat dalam kampanye #kami13juta. Diharapkan sebanyak 13 juta relawan atau lima persen dari populasi masyarakat Indonesia dapat turut serta pada aksi tahun ini dan menjadi salah satu bagian dari sejarah aksi gotong royong pungut sampah terbesar di dunia.(mcb)

Editor : Sahat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.