BP Batam Terus Berkomitmen Kembangkan Batam Sebagai Tujuan Wisata

Batam, BP Batam199 Dilihat

BATAM, simakkepri.com – Kota Batam telah sejak lama tersohor akan pesona yang dimilikinya. Meski dikenal sebagai kawasan industri dan kota investasi, Kota Batam sebenarnya menyimpan beragam potensi wisata. Mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah, hingga surga belanja.

Potensi itu terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam yang secara progresif meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2024, Batam menargetkan 2 juta kunjungan wisatawan. Angka yang dapat terealisasi mengingat jumlah kunjungan wisman berdasarkan catatan dari BPS Batam, Januari-November 2023 mencapai 1,040,912 kunjungan. Sementara sepanjang tahun 2022, kunjungan wisman berada di angka 710.954 orang.

Kunjungan 2 juta wisman pun dinilai realistis mengingat Kota Batam memiliki aksesibilitas yang baik dan berada di kawasan strategis. Batam juga punya amenintas dan atraksi, infrastruktur pariwisata dan hiburan yang menarik, termasuk resor, pusat perbelanjaan, lapangan golf, dan tempat-tempat hiburan.

Di sisi lain, peningkatan jumlah kunjungan wisman ke Batam tidak lepas dari pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata yang terus dilakukan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Humas, Promosi, dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait saat menjadi narasumber dalam Talkshow Big Food Festival di Pollux Habibie, Kamis (1/2/2024) malam.

“BP Batam melihat sektor pariwisata, salah satu potensi yang menjadi salah satu penyumbang pendapatan bagi Batam. Sehingga BP Batam, mengembangkan infrastruktur untuk mendukung pariwisata dengan membangun jalan hingga taman kota,” ujarnya.

Ia melanjutkan, mengenai dengan adanya masukan dari pelaku pariwisata yang menginginkan adanya suatu gedung yang dapat dijadikan sebagai pusat pertunjukan, Ariastuty mengatakan bahwa saat ini BP Batam tengah mencari investor yang akan membangun gedung tersebut. Gedung yang bisa digunakan untuk konser dan sebagainya tersebut, diharapkan bisa menampung hingga 60 ribu orang.

“Jika nantinya ada konser yang diadakan di gedung berkapasitas 60 ribu itu, tentunya akan dapat menampung pelaku UMKM dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, untuk masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai pembangunan yang dilaksanakan oleh BP Batam, dapat mengunjungi Pameran Foto yang berada di lobi masuk Pollux Habibie. Foto yang disajikan, merupakan foto diorama atau potret pembangunan Batam sejak tahun 1970-an hingga saat ini. Mulai dari BP Batam dipimpin oleh Bacharuddin Jusuf Habibie (B. J. Habibie) hingga kepemimpinan Muhammad Rudi.

“Kita juga mengundang para pengunjung untuk dapat berkunjung ke stand BP Batam. Karena bagi pengunjung yang mengunjungi stand BP Batam akan ada hadiah khusus. Disana juga akan ada pegawai kami untuk memberikan edukasi mengenai BP Batam lebih jauh,” imbuhnya.(hms)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.