oleh

70 Tim Ikuti Desain Masjid Nongsa dan Musholla Taman Kolam

-BP Batam-92 Dilihat

BATAM, simakkepri.com – Sayembara Desain Masjid Nongsa dan Musholla Taman Kolam sangat diminati oleh masyarakat. Sebab, sejak dibuka pada 15 Februari lalu, panitia sayembara telah menerima pendaftaran dari 70 tim.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait mengungkapkan, jumlah peserta yang mengikuti sayembara ini akan terus meningkat. Mengingat, batas waktu pendaftaran masih dibuka hingga 21 April mendatang.

Untuk itu pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat yang belum mendaftar untuk ikut memberikan sumbangsih berupa gagasan dan ide desain pembangunan masjid dan musholla tersebut.

“Arahan Bapak Kepala BP Batam Muhammad Rudi, agar melibatkan masyarakat, baik berupa ide dan konsep rancangan yang ditransformasikan untuk pembangunan fasilitas-fasilitas di Batam,” kata Ariastuty di Batam Center, Senin, (27/3/2023).

Disebutkan pembangunan Masjid Nongsa ini nantinya akan berlokasi di jalan Hang Lekiu, Sambau, Kecamatan Nongsa dengan luasan area lebih kurang 20.000 m2, sedangkan Mushola Taman Kolam berada di Kawasan wisata Taman Kolam, Sekupang dengan luas area 600 m2.

“Kedua Kawasan tersebut menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Batam maupun wisatawan yang berkunjung ke kota Batam,” ujarnya.

Ariastuty berharap dengan ditambahnya dua fasilitas baru itu bisa memberikan kenyamanan pengunjung dan menjadi daya tarik untuk berwisata ke Batam.

“Dengan konsep bangunan yang unik mengedepankan karakter lokal bisa menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Perencanaan Program Strategis BP Batam Fesly Abadi Paranoan sebagai penanggung jawab kegiatan menuturkan, pendaftaran tidak dipungut biaya dan persyaratan peserta sayembara dapat diikuti oleh arsitek perorangan, mahasiswa arsitektur, atau kelompok dan Penyedia Jasa Perencana (Badan Usaha Konsultan Perencana Kontruksi).

‚ÄúTiap peserta perorangan maupun kelompok dapat memasukkan lebih dari satu karya atau maksimal tiga alternatif desain,” ujarnya.

“wajib melampirkan ijazah minimal S1 arsitektur untuk sayembara masjid dan minimal ijazah D3 arsitektur untuk sayembara mushola,” tambahnya.

Adapun desain pemenang sayembara akan menjadi hak cipta atau copyright nya BP Batam. Untuk pemenang BP Batam menyediakan hadiah total sebesar Rp 150 juta. Pemenang pertama dari sayembara desain masjid akan mendapat hadiah sebesar Rp 45 juta, disusul pemenang kedua Rp 25 juta dan pemenang ketiga Rp 15 juta serta harapan 1 Rp 9 juta dan harapan 2 Rp 7 juta.

Semantara untuk sayembara desain mushola pemenang pertama sebesar Rp 25 juta, pemenang kedua Rp 15 juta dan pemenang ketiga Rp 10 juta.

Pendaftaran dan informasi kerangka acuan kerja dapat dilihat melalui link http://bit.ly/sayemmasjidbatam2023. Pendaftaran berlangsung dari 20 Februari hingga 21 April 2023. Untuk pengiriman karya paling lambat 21 April 2023.(hms)

Editor : Solo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.