Sumber PRNewswire

SHANGHAI, simakkepri.com – 4 Agustus 2020 – Shanghai Electric Group telah dipilih ACWA Power asal Arab Saudi sebagai kontraktor desain teknik, konstruksi, dan pengadaan (Engineering, Construction and Procurement/EPC), dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Mohammed Bin Rashid Al Maktoum tahap kelima di Dubai. PLTS ini berkapasitas 900 MW. Zheng Jianhua, Chairman, Shanghai Electric Group, dan Muhammed Abunayyan, Chairman, ACWA Power, meneken kontrak kerja sama dalam acara yang digelar lewat internet pada 28 Juli.

Proyek ini merupakan PLTS di satu lokasi yang terbesar di Timur Tengah. PLTS Mohammed Bin Rashid Al Maktoum memanfaatkan teknologi fotovoltaik dan energi surya terkonsentrasi, serta kelak memiliki kapasitas total sekitar 5 GW saat proyek tersebut selesai dibangun.

Shanghai Electric Group dan ACWA Power sempat bermitra dalam proyek Concentrated Solar Power (CSP) 700 MW dan PLTS 250 MW. Keduanya menjadi bagian dari PLTS Mohammed Bin Rashid Al Maktoum tahap keempat. Shanghai Electric Group berkolaborasi dengan ACWA Power dalam proses tender untuk PLTS tahap terbaru dengan kapasitas 900 MW, dan sukses memenangkan tender tersebut.

Industri energi surya global berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Lewat kemitraan terbaru ini, Shanghai Electric Group terus merambah sektor energi baru di Timur Tengah, dan segera memperluas ekspansinya ke seluruh dunia.

“ACWA Power dan Shanghai Electric diakui sebagai pemain penting dalam sektor energi global. Kontrak PLTS 900 MW kembali menjadi tonggak penting dalam kemitraan yang terjalin antara kedua pihak tersebut. Saya berharap PLTS ini tampil sebagai tolok ukur baru di Timur Tengah dan dunia,” ujar Zheng dalam acara peresmian kerja sama.

Dalam acara yang sama, Abunayyan berkata bahwa ACWA Power dan Shanghai Electric Group telah membuat banyak terobosan sejak pertama kali berkolaborasi pada 2008. Kedua pihak membuktikan kiprah mereka sebagai mitra yang dapat diandalkan dan tepercaya. “Sejalan dengan langkah kami untuk merintis implementasi proyek, peresmian kontrak EPC antara ACWA Power dan Shanghai Electric dalam PLTS Mohammed Bin Rashid Al Maktoum tahap kelima menjadi pencapaian penting dalam kerja sama yang terjalin antara kedua perusahaan,” jelas Abunayyan. Menurutnya, dalam proyek terbaru ini, kedua Grup akan menghadirkan lebih banyak teknologi inovatif dan menciptakan nilai tambah yang lebih besar ketimbang sebelumnya.

PLTS Mohammed Bin Rashid Al Maktoum segera menjadi pilar penting dalam upaya mewujudkan Strategi Energi Bersih Dubai 2050, yakni meningkatkan porsi energi bersih dalam produksi listrik total di Dubai hingga mencapai 75% pada 2050. Proyek tersebut menjadi tolok ukur di seluruh dunia untuk model Kemitraan Publik-Swasta (Public-Private Partnership/PPP), serta membangun proyek berskala besar yang hemat biaya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi www.shanghai-electric.com

Sumber PRNewswire

Editor : Andi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.