Pilwako Batam 2024, Marlin Agustina Berpotensi Ukir Sejarah Baru

Batam469 Dilihat

BATAM, simakkepri.com – Sosok Marlin Agustina berpotensi untuk mengukir sejarah baru pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Batam 2024 nanti.

Apabila Partai Nasdem merestui, Marlin bakal menjadi politisi perempuan pertama yang bertarung sebagai calon pemimpin Kota Batam ke depan.

Kiranya terpilih, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam itu juga akan mencetak sejarah lain sebagai ‘Kartini Pertama’ yang menjabat Wali Kota Batam.

Hal ini pun diamini oleh Wakil Rektor III Universitas Riau Kepulauan (Unrika) sekaligus pengamat politik di Kota Batam, Linayati Lestari.

Meski belakangan nama Marlin diusulkan untuk bertarung di DPR RI, kata Linayati, keputusan tersebut belum sepenuhnya final.

Segala alternatif masih bisa terjadi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya menyambut baik bahwa ruang-ruang politik saat ini mulai diisi oleh keterwakilan perempuan. Setiap perempuan punya kemampuan dalam memimpin, asal mendapat dukungan dari keluarga dan masyarakat di luar sana,” ujar Linayati, Rabu (19/4/2023).

Meski menimbulkan pro-kontra bagi sejumlah pihak, lanjut Linayati, bukan berarti Marlin Agustina minim potensi untuk memimpin Kota Batam.

Mengingat, perempuan kelahiran 15 Agustus 1971 tersebut juga memiliki pengalaman selama menjabat Wakil Gubernur Provinsi Kepri periode 2020-sekarang.

“Setiap gender perlu mendapatkan hak dan kesempatan yang sama. Tinggal bagaimana rasa percaya diri Ibu Marlin dan kemandiriannya sebagai personal dalam menghadapi kontestasi nanti. Dengan sorotan besar datang dari kinerja beliau sebagai Wakil Gubernur Kepri,” bebernya lagi.

Memang, nama Marlin Agustina termasuk ‘orang baru’ dalam kancah politik daerah, baik Provinsi Kepri dan Kota Batam.

Akan tetapi, hal tersebut tak mengesampingkan sosoknya untuk bisa menaklukkan pertarungan Pilwako Batam tahun depan. Mengingat, Marlin juga aktif dan berpengalaman dalam memimpin sejumlah organisasi besar seperti Pikori BP Batam, Dekranasda Kota Batam, dan masih banyak lagi.

Sejarah mencatat, Marlin Agustina juga sukses memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri tahun 2020 silam dan menjadikannya sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepri.

Ini sekaligus menjadi modal penting bagi Marlin guna menjawab dukungan yang mengalir kepadanya untuk maju sebagai calon Wali Kota Batam tahun depan.

Bukan tanpa alasan, pencapaian Marlin menduduki Wakil Gubernur Provinsi Kepri membuat banyak pihak menyandingkan namanya dengan Kamala Harris, seorang perempuan pertama yang mencetak sejarah dengan menduduki posisi Wakil Presiden Amerika Serikat di tahun 2020.

Penunjukan Kamala Harris sebagai politisi perempuan keturunan Asia-Amerika untuk mendampingi Joe Biden bukan tanpa perdebatan.

Banyak pihak beranggapan, Kamala Harris membawa keuntungan bagi Partai Demokrat untuk memenangkan pertarungan.

Di sisi lain, banyak pula yang menentang keputusan partai pasca penunjukan tersebut.

Namun, seluruh pandangan negatif terhadap Kamala terbantahkan usai memenangi pemilihan dengan mengalahkan petahana, Donald Trump-Mike Pence.

“Dalam konteks pembangunan bahwa membangun kota itu bukan kerja wali kota _as a person_ tapi _as a team_. Pemimpin dan kepemimpinannya menjadi kunci penting dalam mencapai keberhasilan sebuah pemerintahan. Kalau muaranya demi kebaikan bersama, ya seharusnya ada sinergi di antara yang menggantikan nantinya,” tutup Linayati yang juga berprofesi sebagai dosen Ilmu Pemerintahan di Unrika.

*Profil Marlin Agustina*

Marlin Agustina tercatat lahir di Tanjung Balai Karimun pada tanggal 15 Agustus 1971 silam.

Politisi perempuan yang kerap dijagokan untuk memimpin Kota Batam ke depan ini bertempat tinggal di Perumahan Rosedale Blok F Nomor 12 Kota Batam.

Selain sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepri sejak tahun 2020 hingga sekarang, Marlin juga aktif di sejumlah organisasi.

Marlin menjabat Ketua TP-PKK Kota Batam periode 2016-2021.

Istri dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, tersebut juga menjabat sebagai Ketua Pikori BP Batam masa bakti 2019 hingga saat ini.

Tidak hanya itu saja, Marlin juga pernah menjadi Ketua Bunda PAUD Kota Batam masa bakti 2016-2021 dan Ketua P2TP2A Kota Batam periode 2016-2021.

“Beliau juga menjabat sebagai Ketua GOW Kota Batam masa bakti 2016-2021 dan sebagai Ketua Dekranasda Batam. Ibu Marlin juga sangat peduli dengan isu perempuan dan anak serta kesejahteraan masyarakat kecil. Kami juga sangat mendukung jika Ibu Marlin maju sebagai pemimpin Kota Batam nantinya,” ujar salah satu kader Dekranasda Kota Batam, Yunita.

Daftar Wali Kota Batam dari Masa ke Masa

Jika Marlin Agustina terpilih menjadi Wali Kota Batam tahun 2024 mendatang, perempuan 51 tahun itu akan menjadi ‘Kartini Pertama’ yang berhasil menduduki posisi tersebut.

Berikut daftar nama Wali Kota Batam dari masa ke masa :
1. Wali Kota Madya Batam periode 1983-1989, Ir. H.R. Usman Draman,
2. Wali Kota Madya Batam periode 1989-1999, Drs. H. Raja Abdul Aziz,
3. Karteker Wali Kota Batam periode 1999-2001, Drs. H. Nazief Soesila Dharma,
4. Wali Kota Batam periode 2001-2005, Drs. H. Nyat Kadir ; Wakil – DR. H. Asman Abnur,
5. Wali Kota Batam periode 2006-2011 dan periode kedua 2011-2016, Drs. H. Ahmad Dahlan ; Wakil – periode pertama : Ria Saptarika, Wakil – periode kedua : H. Muhammad Rudi,
6. Wali Kota Batam periode 2016-sekarang, H. Muhammad Rudi.

Editor : Ramhot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.