Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mendampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, Sabtu (1/5/2021).

Turut mendampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman. Peninjauan itu mulai dari turunnya PMI dari kapal, pengecekan kesehatan, hingga berdialog langsung dengan pahlawan devisa tersebut.

“Kita terus mendukung apa yang menjadi kebijakan Pemerintah Pusat,” ujar Wali Kota.

Ia mengaku, pihaknya telah membentuk tim tingkat kota yang dipimpin Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316 Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan untuk menangani kepulangan PMI.

“PMI yang pulang ke Indonesia melalui Batam harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan,” tegas Rudi.

Sementara itu, Menhub mengapresiasi kinerja Tim Satgas Kepulangan PMI. Usai meninjau, Budi menilai semua sudah dilakukan dengan baik bahkan dinilai sangat kompak.

“Untuk kepulangan ke daerah masing-masing di luar Kepri usai menjalani karantina, diberikan keleluasaan pada PMI sendiri. Bisa menggunakan transportasi udara atau melalui jalur laut. Khusus jalur laut nantinya akan disediakan kapal yang harga tiketnya akan disubsidi pemerintah, ujar Budi.(Rls)

Editor : Andi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.