Ketua DPRD Batam Nuryanto Mengajak Generasi Muda Dukung Pembangunan Kota Batam

Batam160 Dilihat

BATAM, simakkepri.com – Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Merga Silima (PMS) Kota Batam telah resmi dilantik dan dikukuhkan. Pada momen tersebut, Eduard Brahmana terpilih sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima Kota Batam Periode 2022 – 2027.

Organisasi ini, merupakan perkumpulan pemuda asal tanah karo Sumatera Utara yang ada di Kota Batam dan dikukuhkan di Aula Pacifik Hotel Batam yang dihadiri jajaran Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Kota Batam, tokoh masyarakat Kepri, serta Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Tabana Bangun yang juga berasal dari tanah karo, Minggu (30/4/2023).

Selain Sumut, PMS juga ada di Kepulauan Riau, serta beberapa daerah di Indonesia. Merga Silima miliki filosofi bahwa ada lima merga induk dalam suku karo. Kelimanya yakni Karo-karo, Ginting, Tarigan, Sembiring dan perangin angin.

Merga Silima, tutur siwaluh, rakut sitelu, perkade kaden sepuluh dua itambah sada yang artinya karo menganut sistem kekerabatan yang erat baik dalam internal di suku karo dan suku- suku yang lainnya. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung itulah prinsip suku karo dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Pada momen tersebut, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto S.H., M.H., ‘diulosi’ oleh Ketua serta pengurus Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Merga Silima (PMS) Kota Batam bersama Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad serta Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Tabana Bangun.

Politisi PDI Perjuangan ini pun mengucapkan terima kasih serta mengajak Pemuda Merga Silima Kota Batam serta organisasi kepemudaan lainnya untuk sama-sama mendukung program pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Mengingat, pemuda merupakan generasi penerus  bangsa, sekaligus sebagai aset masyarakat. Sehingga seseorang atau komunitas manusia yang biasa diidentikan dengan perubahan-perubahan.

“Dalam kehidupan suatu bangsa pemuda, memiliki peran penting dalam kemajuan terhadap peradaban termasuk dalam mewujudkan pembangunan daerah. Menurutnya, peranan generasi muda dalam pembangunan sangat penting artinya, bukan saja karena pemuda sebagai lapisan masyarakat paling besar tetapi yang paling penting adalah tanpa potensi dan kreativitas generasi muda,” tegas Politisi pria yang akrab disapa Cak Nur ini.

Cak Nur juga menjelaskan, pembangunan yang dilaksanakan lebih terarah dan memberikan hasil dan daya guna yang efektif, maka pembangunan yang dilaksanakan mengacu pada perencanaan yang terprogram secara bertahap dengan memperhatikan perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

“Peran pemuda dalam pembangunan dapat dilihat dari prinsip atau jiwa “economic enterpreneurship” yang harus dimiliki atau ditanam didalam diri masing-masing. Untuk itu, melalui kepengurusan baru PMS Kota Batam ini saya minta agar persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda dari berbagai organisasi tetap terjaga guna kepentingan dukungan pembangunan daerah,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Wali Kota Batam Amsakar yang mengajak semua pihak untuk terus meneguhkan kolektivitas membangun Kota Batam.

“Kata kunci untuk membuat percepatan program yang lebih dahsyat dari sebelumnya, akan tercapai kalau kita bahu membahu atau bersatu padu,” kata Amsakar.

Seruan menjaga kebersamaan ini senada dengan yang disampaikan Kapolda Kepri Irjenpol Tabana Bangun. Menurut Amsakar, keberhasilan pembangunan merupakan buah dari kebersamaan tersebut.

“Ini adalah keberhasilan kita semua, keberhasilan segenap stakeholder, keberhasilan semua entitas yang ada di Batam ini,” ujarnya.

Dirinya mengingatkan bahwa Batam adalah miniaturnya indonesia. Daerah yang sangat plural dengan latar belakang masyarakat memiliki heterogonitas yang sangat tinggi.

“Dan semuanya itu harus kita maknai bahwa Batam ini adalah rumah kita bersama, kitalah yang menjaganya, kitalah yang merawatnya,” ajaknya lagi.

Amsakar juga merespon kabar baik bahwa perkumpulan ini telah memiliki legalitas. Tentu saja, sebagaimana biasanya pihaknya menyambut baik karena Batam memang membutuhkan semangat dari berbagai pihak, menggenapi keberhasilan yang sudah dicapai.

“Kami Pemerintah Kota Batam atas nama Haji Muhammad Rudi, Amsakar Achmad dan jajaran, ingin mengucapkan selamat atas pelantikan yang luar biasa ini,” kata dia.(hms)

Editor : Ramhot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.