oleh

Kasatpolairud Polres Lingga Bantu Evakuasi Kapal Tenggelam

-Lingga-182 Dilihat

LINGGA, simakkepri.com – Terjadi musibah Lakalaut (Karam) diperairan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga tepatnya di pesisir laut Kampung Mentok, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep satu unit kapal kayu KM Bintang Jaya Utama 88 bermuara sembako dari Sungai Lokan, Provinsi Jambi tujuan Dabo Singkep Lingga, Jum’at pagi 11 November 2022 sekitar pukul 15.00 WIB.

Kasatpolairud Polres Lingga AKP Thomas Charles, SH.,MH dalam keterangan rilis konfirmasinya mengatakan “Kapal KM Bintang Jaya Utama berangkat dari Sungai Lokan Provinsi Jambi menuju Dabo Singkep Kabupaten Lingga, saat perjalanan mendekati Pelabuhan Dabo Singkep, dekat Kampung Mentok, Desa Batu Berdaun Kapal mengalami masuk Air didalam palka”.

Lebih lanjut AKP Thomas menjelaskan berdasarkan hasil keterangan Nakhoda Kapal, tenggelamnya kapal disebabkan adanya kebocoran pada lambung kapal, namun upaya memompa tidak berhasil untuk menyelamatkan kapal sehingga tenggelam.

“Pada Pukul 21.30 WIB, (Nakhoda Kapal) melihat ada kebocoran di bawah Palka Capt coba memompa air tapi tidak berkurang dan Capt kemudian berinisiatif mengkandaskan kapal ke tepi pantai untuk menghindari kapal tenggelam dilaut dalam” jelasnya.

Sebelumnya pada Kamis malam 10 November 2022 pukul 22.10 WIB personil Satpolairud Polres Lingga menerima laporan dari Polsek Dabo Singkep bahwa adanya kapal karam di Kampung Mentok Desa Batu Berdaun dan Personil Satpolairud Polres Lingga langsung mendatangi TKP untuk melakukan Pengecekan dan menyelamatkan barang dan Crew/kru kapal dan ditemukan kapal telah tenggelam separuh badan kapal. Namun dikarenakan cuaca gelap sehingga Evakuasi dilanjutkan dini pagi, Jum’at 11 November 2022.

Dengan menggunakan Kapal 1004 BKO Ditpolairud Polda Kepri serta Bhabinsa masih berada dilokasi kejadian guna mengamankan kapal dari penjarahan. Dan untuk Nakhoda Kapal sudah dibawa ke Polres Lingga untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Untuk kejadian Lakalaut tersebut tidak ada korban jiwa, semua Crew Kapal yang berjumlah 4 (empat orang) masing-masing:
1. Nama : Rusli ( Capt)
2. Nama : Andi umar ABK
3. Nama : Riduan ABK
4. Nama : Basri (Kkm)

Dari kejadian musibah karam ini Kapal KM Bintang Jaya Utama 88 yang bermuatan barang sembako tujuan Dabo Singkep, diperkirakan mengalami kerugian mencapai Rp.800 Juta Rupiah”, pungkas Kasatpolairud Polres Lingga.

Menanggapi informasi yang beredar tentang adanya musibah Lakalaut di perairan Dabo Singkep, dengan sigap Kapolres Lingga AKBP Padli Agus, S.I.K.,M.H berserta personil turun langsung kelokasi kejadian.(RD)

Editor : Sahat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.