oleh

Kades Suak Buaya Ajak Warga Mengikuti Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desanya

-Lingga-84 Dilihat

LINGGA, simakkepri.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) gelar penyuluhan program PTSL (pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Balai desa Suakbuaya, Kecamatan Posek, Kabupaten Lingga Minggu (15/11/2018). kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga dalam pengurusan sertifikat tanah. Selain itu agar tanah di seluruh kabupaten lingga bersertifikat. turut hadir Kades (M.Rabi), ketua BPD (zulkarnaen) serta Tokoh-tokoh masyarakat dan warga setempat.

Dalam kesempatan itu M.rabi mengatakan kepada warganya agar memberi keterangan dengan sejujur jujurnya mengenai batas tanah yang diajukan program PTSL. “Hal ini agar tidak menjadi polemik di tengah masyarakat dan menghambat jalannya program ini, Kalau ada masalah secepatnya dapat diselesaikan secara kekeluargaan melalui musyawarah,” ungkapnya.

M.rabi berharap”,, warga yang lahannya belum bersertifikat untuk memanfaatkan program ini karena sangat membantu terutama dari segi pembiayaan, dan hak legalitas tanah. “Program PTSL ini sangat membantu masyarakat dalam pengurusan sertifikat. Untuk itu manfaatkan peluang ini dengan sebaik- baiknya,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang petugas perwakilan dari BPN, Ryanda prima menegaskan PTSL merupakan program dari pemerintah pusat dan fungsinya yaitu membantu masyarakat dalam pengurusan sertifikat tanah. “Ada 4 kelas dalam pelayanan PTSL diantaranya 1K : tanah yang layak bersertifikat (yang tidak bersengketa) , 2K : Tanah yang bersengketa dapat diselesaikan permasalahannya, 3K : tanah yang tidak memenuhi syarat (tanah kas desa, tanah yang tidak jelas pemiliknya) 4K : akan dilakukan pendataan lagi terhadap tanah yang sudah bersertifikat,” jelasnya.

Lanjutnya”, Saya Saat menghimbau kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan tanahnya, karena tujuannya untuk membantu masyarakat memiliki legal hak milik tanah. “Kami sediakan 4 kelas dalam pelayanan ini,tinggal pilih permohonan pelayanannya, serta warga segera mendaftar,” pungkasnya.(RD)

Editor : Andi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.