oleh

Hari Raya Nyepi, Jaga Keharmonisan di Tengah Perbedaan

-Batam-126 Dilihat

BATAM, simakkepri.com – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944 kepada seluruh umat Hindu di Kota Batam.

Ia menyampaikan, umat Hindu hari ini, Kamis (3/3/2022), menjalani Catur Brata Penyepian sebagai rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944.

Selama menjalani itu, umat Hindu menjalani Amati Geni atau tidak menggunakan dan menghidupkan api, Amati Karya atau tidak bekerja, Amati Lelungan atau tidak bepergian, dan Amati Lelanguan atau tidak mendengarkan hiburan.

“Selama perayaan ini, mari terus menjaga keharmonisan antarumat beragama di Kota Batam. Bagi yang merayakan, saya ucapkan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944,” ucap Rudi.

Sesuai tema tahun ini, Aktualisasi Nilai Tattwam Asi dalam Moderasi Beragama menuju Indonesia Tangguh. Tema tersebut untuk menggali makna sekaligus mengaktualisasikan nilai-nilai luhur, salah satunya adalah Tattwam Asi yang memiliki makna aku adalah engkau.

“Nilai ini menjadi sumber inspirasi untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi,” katanya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, juga menyampaikan hal senada. Ia menambahkan, perayaan tahun ini masih dibalut pandemi Covid-19.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendoakan Batam dan Indonesia agar mampu menangani pandemi ini.

“Selamat Hari Suci Nyepi, jaga toleransi dan bangun Batam lebih modern,” katanya.

Editor : Andi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.