oleh

Cuaca Buruk, Nelayan Enggan Melaut “Harga Ikan Melonjat Naik “

-Lingga-39 Dilihat

Lingga,simakkepri.com – Akibat Cuaca buruk yang terjadi sepekan terakhir ini mempengaruhi harga ikan di pasar Dabo Kabupaten Lingga, selain harga mahal juga ketersediaannya di pasar sangat sedikit.

Di hari-hari biasanya harga ikan kembung yang di jual perkilonya berkisar Rp 40.000 hingga Rp 50.000, saat ini terpaksa di jual murah seharga Rp 30.000 perkilogram,  Untuk ikan Talang saat ini di jual seharga Rp 20.000 perkilo, normalnya Rp 35.000, dan untuk ikan parang Rp 25.000 perkilo.ujar salah satu pedagang.

Harga murah ini bukan tampa sebab harga ikan turun ini karena tidak laku di jual, hal ini di ungkapkan Usman pedagang di pasar ikan yang mengaku sudah 25 tahun menjadi pedagang ikan di pasar ikan Dabo.

” ikan yang di jual sudah tidak segar lagi, harganya otomatis menjadi turun,” ujar Usman saat di temui di pasar Dabo. Jumat (15/12/2017)

Mahalnya harga ikan segar  ini membuat masyarakat tidak mampu membelinya, ikan yang semula segar, kini menjadi bayu (busuk), di jual murahpun sudah tidak ada pembeli yang mau membelinya,

” kalau saja semuanya normal kami penjual ikan, bisa tutup di tengah hari, sekarang ini kami terpaksa tutup hingga sampai pukul 10.00 wib saja, sepi pak, akunya

Bagi kami, para pedagang ikan keadaan seperti ini sangatlah berpengaruh pada perekonomian keluarga yang bisa bertahan yang hanya punya modal saja, keluhnya

Meski demikian, ia mengaku pasrah, belum ada jalan keluar untuk usaha lainnya, ujar Usman warga yang berdomisili di Rt 01 Rw 03 belakang pasar sayur kelurahan Dabo, di sela-sela kesibukannya jelang pulang.(rey)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.