oleh

Antisipasi Lonjakan Arus Balik Sumatera – Jawa, Pemerintah Siapkan Pelabuhan Panjang

-Nasional-204 Dilihat

JAKARTA, simakkepri.com – Dalam rangka mengurangi kepadatan antrian saat arus balik lebaran yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada 6-8 Mei 2022, Pemerintah menyiapkan Pelabuhan Panjang, Provinsi Lampung milik Pelindo menjadi pelabuhan alternatif untuk melayani para pemudik yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa.

Sebagai informasi, PT Pelabuhan Indonesia atau disingkat Pelindo adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia, yang bergerak di bidang logistik, terutama pengelolaan dan pengembangan pelabuhan.

Dilansir dari akun instagram milik Pelindo, Pelindo menyediakan masing-masing 4 fasilitas tambatan di Pelabuhan Panjang, Lampung dan Pelabuhan Ciwandan, Banten. Tambatan tersebut telah dikosongkan pada tanggal 5-8 Mei 2022 khusus untuk mengangkut kendaraan arus balik lebaran.

“Kapal roro berkapasitas besar yang dapat menampung 800 kendaraan kecil atau 624 kendaraan campuran akan dioperasikan melayani rute Pelabuhan Panjang–Ciwandan,” tulis Pelindo, Jumat (06/05/2022).

Selain itu, Pelindo juga menyiapkan petugas pelayanan dengan pola 24/7 dan fasilitas pendukung lainnya seperti area parkir kendaraan pemudik, serta tenda-tenda tempat istirahat.

Sebelumnya, sejumlah menteri telah hadir melakukan kunjungan ke Pelabuhan Panjang, guna memastikan kesiapan penanganan arus balik, diantaranya Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri Pembangunan Manusia, Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy; Kakorlantas Polri, Firman Shantyabudi; Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dan Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto.(Bg)

Editor : Andi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.